PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Mata Kuliah Prodi TI & SI Fakultas Teknologi Informasi Urindo

KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Filed under: Pertemuan 1 — pengantarteknologiinformasi at 3:52 am on Selasa, Oktober 4, 2011

PENGERTIAN TEKNOLOGI…Menurut Pakar

Wikipedia.
Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan yang dapat diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

O’leary Timoty.
Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.

SEJARAH TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi berlangsung secara evolusi. Sejak zaman Romawi Kuno, bahwa pemikiran & hasil kebudayaan telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi.

Secara etimologis, akar kata teknologi adalah “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.

Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).

KLASIFIKASI TEKNOLOGI

Ada 3(tiga) KLASIFIKASI DASAR dari kemajuan teknologi yaitu :

1. Kemajuan teknologi bersifat NETRAL
Teknologi diciptakan untuk mempermudah proses sehingga akan meningkatkan kualitas kerja untuk menjadi lebih EFEKTIF & EFISIEN. Contohnya Teknologi Selullar, Teknologi Internet (e-mail, forum, maillist, FaceBook, Blog)

2. Kemajuan teknologi yang MENGHEMAT TENAGA KERJA
Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang menghemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu, seperti ATM, pabrik rokok, assembling mobil, Robotika.

3. Kemajuan teknologi yang MENGHEMAT MODAL KERJA
Fenomena yang relatif langka, karena hampir semua riset IPTEK di dunia yang dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya. Contoh : e-business, e-commerce, e-learning, e-news, teleconference, e-shop, e-travel, e-book, e-school, e-banking



2 Comments »

2

   widi

Oktober 4, 2011 @ 5:32 pm   Reply

Selamat malam Bpk Tata Sutabri,yg sya kasihi,Pak saya mau tanya,kalau membuat Website,apakah ada yang gratis atau kita harus membeli dahulu,Pak? saya Widi,anak TI,reguler Sore?Terimakasih Pak,atas waktunya Pak.

    4

       pengantarteknologiinformasi

    Desember 6, 2011 @ 5:59 am   Reply

    Dear Widi,
    Mohon maaf saya baru bisa balas, karena kesibukan dan rutinitas
    untuk membuat website tidak ada yang GRATIS, tapi kalau buat BLOG banyak yang gratis, karena kalau website haru punya DOMAIN sendiri jadi harus beli dulu ke web hosting. kalau BLOG kenapa gratis karena BLOG adalah SUB DOMAIN bukan DOMAIN.

    Demikian INFO dari saya, semoga memberi pencerahan untuk anda

    Salam hangat
    Tata Sutabri

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>